Rencana Kewirausahaan ( Entrepreneurship)

Posted: Maret 31, 2011 in My Blog


Kesuksesan merupakan sebuah keinginan tiap orang dalam hidupnya. Sukses dalam belajar, pekerjaan, kehidupan, hingga kesuksesan dalam hidup sesuai dengan ketentuan Agama. Kesuksesan itu dapat dicapai bergantung pada besarnya motivasi, banyaknya usaha, dan pintarnya seseorang dalam memanfaatkan sebuah peluang.
Sebenarnya banyak cara untuk mencapai kesuksesan dan tiap orang mempunyai cara untuk mencapai kesuksesan tersebut.
Salah satu contoh untuk meraih kesuksesan diantaranya dengan berwirausaha.

Kewirausahaan itu sendiri merupakan suatu jalan menuju kesuksesan dengan cara membuka usaha secara mandiri dengan tujuan memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan. Kewirausahaan itu sendiri mempunyai ruang lingkup yang luas. Disini saya akan menceritakan hal- hal atau bisa dibilang planning apa saja yang akan saya lakukan nanti setelah lulus kuliah dalam ruang lingkup berwirausaha.

Saya adalah seorang mahasiswa tingkat 1 teknik elektro di UNIVERSITAS GUNADARMA. Sebenarnya sekarang ini sudah banyak sekali peluang peluang untuk berwira usaha tetapi banyak hal-hal yang perlu diperhitungkan jika ingin membuka sebuah usaha.
Dalam angan-angan atau rencana saya, setelah lulus kuliah saya akan mencoba berwirausaha, karena dengan berwirausaha selain kita yang memanajemen pekerjaan, kita juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Hal yang paling utama dalam berwirausaha adalah modal. Modal tersebut diantaranya modal kemauan, modal kegigihan, modal ilmu dan pengalaman, dan yang paling penting adalah modal materi.
Tetapi dalam perencanaan saya, sebelum memulai berwirausaha saya akan mencari pekerjaan terlebih dahulu dengan tujuan mendapatkan modal pengalaman dan juga mengumpulkan modal materi untuk berwirausaha. Setelah semua modal tersebut saya kumpulkan.

Pertama – tama saya akan menganalisis usaha usaha apa saja yang sekarang-sekarang ini yang barang ataupun jasanya banyak dibutuhkan.Misalnya saya memulai dengan membuka counter handphone.

Disini saya akan menanam modal materi sekitar 35% dari modal yang telah saya kumpulkan. Saya mencoba memilih usaha ini, karena sekarang ini komunikasi adalah sebuah kebutuhan bagi setiap orang.
Langkah-langkah yang akan saya lakukan dalam memulai usaha ini.
1. Mencari tempat untuk membuka counter hp yang strategis.
2. Mencari karyawan yang jujur, gigih dan ramah.
3. Membeli barang seperti handphone dengan harga seminim minimnya
tetapi kualitas yang baik dan banyak disukai orang.
4. Mencari teknisi teknisi yang handal dalam reparasi handphone.
5. Membuat inovasi2 yang kreatif dalam penjualan.

Setelah usaha counter handphone di laksanakan. 35% lagi dari modal materi yang telah saya kumpulkan sebelumnya. Saya akan mencoba membuka usaha rumah makan.

Saya memilih usaha ini karena prospek dari usaha rumah makan ini sangat bagus. Disini saya akan mencoba membuat usaha dngan bahan baku utamanya adalah ayam. Saya memilih ayam karena ayam merupakan makanan favorit banyak orang. selain itu dengan bahan baku ayam, saya dapat berinovasi menu dengan bahan baku tersebut.
Langkah – langkah yang akan saya lakukan untuk memulai usaha ini diantaranya.
1. Memilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau.
2. Mencari karyawan yang gigih, jujur, ramah, dan pekerja keras.
3. Mendesain tempat yang menarik, bersih, dan nyaman.
4. Membuat menu dengan nama-nama yang menarik.
5. Memperkenalkan rumah makan dengan iklan iklan, promosi, dan lain-lain.
Tetapi yang terpenting dalam membuka usaha rumah makan ini adalah berani mencoba berinovasi, perhitungan pendapatan dan pengeluaran yang cermat, dan yang paling penting makanan yang enak.
Selanjutnya 30% lagi dari modal materi yang telah saya kumpulkan sebelumnya. Saya akan mencoba membuka usaha warung internet.

Saya memilih membuka usaha ini karena internet sekarang ini merupakan salah satu usaha yang prospeknya bagus.
Begitulah rencana saya dalam berwirausaha setelah lulus kuliah. Sebenernya hal hal yang terpenting untuk mencapai semua itu adalah kemauan yang kuat, berusaha pantang menyerah, perhitungan yang kuat, dan yang terpenting dari semua itu adalah Doa dan tawakal. Karena keberhasilan itu hanya Tuhan yang menentukan dan manusia hanya dapat berencana dan berusaha.
Tokoh Wirausahawan yang menjadi inspirasi bagi saya adalah Ir. Ciputra. Dia adalah seseorang yang pekerja keras, pantang menyerah, dan pintar memanfaatkan peluang.
berikut ini adalah profilnya.
Profil dan Otobiografi Singkat Ir. Ciputra
Ir. Ciputra (lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931; umur 77 tahun) adalah seorang insinyur dan pengusaha di Indonesia. Ciputra menghabiskan masa kecil hingga remajanya di sebuah desa terpencil di pojokan Sulawesi Utara. Begitu jauhnya sehingga desa itu sudah nyaris berada di Sulawesi Tengah. Jauh dari Manado, jauh pula dari Palu. Sejak kecil Ciputra sudah merasakan kesulitan dan kepahitan hidup. Terutama saat bapaknya ditangkap dan diseret dihadapannya oleh pasukan tak dikenal, dituduh sebagai mata-mata Belanda/ Jepang dan tidak pernah kembali lagi (pada tahun 1944). Ketika remaja sekolah di SMP Frater Donbosco Manado.

Ketika tamat SMA, kira-kira saat dia berusia 17 tahun, dia meninggalkan desanya menuju Jawa, lambang kemajuan saat itu. Dia ingin memasuki perguruan tinggi di Jawa. Maka, masuklah dia ke ITB (Institut Teknologi Bandung). Keputusan Ciputra untuk merantau ke Jawa tersebut merupakan salah satu momentum terpenting dalam hidupnya yang pada akhirnya menjadikan Ciputra orang sukses. Keputusan Ciputra untuk merantau ketika tamat SMA merupakan keputusan yang tepat, karena pada usia tersebut muncul adanya keinginan untuk bebas yang disertai rasa tanggung jawab pada diri individu. Ciputra adalah perantau yang sempurna. Dia mendapatkan kebebasan, tapi juga memunculkan rasa tanggung jawab pada dirinya.

Bagi Ciputra, perintis pengembang properti nasional sekaligus pembangun 20 kota satelit di seluruh Indonesia, pengalaman hidup susah sejak kecil adalah pemicu kesuksesannya.

Tinggalkan Balasan

